BETA Fresh

BETA Fresh
SOLUSI JITU ATASI BAU

BETA Fresh

BETA Fresh
UKURAN 1 liter

Rabu, 21 April 2010

Bau limbah menyengat hidung

Bau limbah menyengat hidung
Jumat, 19 Maret 2010 04:04 Administrator
E-mail Cetak PDF
Warga kota Amurang mengeluh

Amurang—Warga yang bedomisili disekitar pantai Alar Amurang, mulai resah.
Pasalnya, limbah yang dibuang ke pantai oleh salah satu perusahaan ikan yang terletak didekat Kan-tor Perpajakan Minsel ke-rap menimbulkan bau bu-suk yang menyengat. War-gapun, mulai mengaku terganggu dan takut terena berbagai penyakit. “Kegia-tan pembuangan limbah ke pantai sudah berlangsung cukup lama. Tapi pemkab, khususnya intansi terkait terkesan, menutup mata. Padahal lokasinya sangat berdekatan dengan Kantor Bupati,” keluh sejumlah warga kepada sejumlah wartawan, Rabu (17/3) kemarin.
Selain mengancam kese-hatan, pembuangan limbah ke pantai itu dinilai akan mengganggu lingkungan khususnya ekosistem dipantai.
“Limbah itu menimbulkan bau anyer yang menusuk hidung. Bahkan warna air laut sering berubah akibat limbah tersebut. Itu jelas-jelas telah mengganggu lingkungan dan kesehatan warga. Sebab anak-anak sering mandi di pantai,” tambah warga sembari mendesak Pemkab untuk menindak-lanjuti persoalan itu.
Dari pantauan harian ini, limbah dari perusahaan itu memang langsung diarah-kan ke pantai. Sebab ada satu saluran yang sengaja dibuat secara khusus untuk membuang limbah ke jalur pantai. Dan limbah itu, benar-benar menimbulkan bau anyer yang menyegat hidung.
Pemkab Minsel melalui Jubir, Drs Ferry Lengkong ketika dikonfirmasi sejum-lah wartawan, kemarin menyatakan bila pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait serta akan langsung melakukan peninjauan lapangan.
“Ini akan segera kita tindak-lanjuti. Karena lokasi itu berdekatan dengan pemukiman warga,” tandas-nya.(eler/gw)

4 komentar: