BETA Fresh

BETA Fresh
SOLUSI JITU ATASI BAU

BETA Fresh

BETA Fresh
UKURAN 1 liter

Rabu, 21 April 2010

Limbah Bau Busuk dari KIM Cemari Lingkungan, Warga Menderita Gatal-gatal

Limbah Bau Busuk dari KIM Cemari Lingkungan, Warga Menderita Gatal-gatal


Posted in Medan Kita by Redaksi on Agustus 9th, 2007

Medan (SIB)
Warga Kelurahan Tangkahan dan Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan, mengeluhkan limbah pabrik berbau busuk yang berasal dari Kawasan Industri Medan (KIM). Akibat limbah yang mengalir di parit besar tersebut, sumur-sumur milik warga ikut tercemar dan menimbulkan penyakit gatal-gatal pada kulit. Kondisi lingkungan yang buruk itu, sudah terjadi sejak tahun 1987 hingga saat ini.
Keluhan itu disampaikan warga kepada anggota DPRD Medan yang berasal dari daerah pemilihan (Dapem) Medan V meliputi Kecamatan Medan Labuhan, Marelan, Medan Deli dan Belawan, ketika melakukan reses, Rabu (8/8). Anggota dewan yang turun masing-masing, Muslim Maksum, Hendra DS, Syahrizal Pangemanan, Jusmar Effendi, Zakaria Rasyidi, OK Chaidir, Tekgap Sembiring, Suprapto, Landen Marbun dan Subandi.
Menurut Ahmad Taqwin, seorang tokoh masyarakat, sebelum berdirinya KIM pada 1987, air yang mengalir di tangkahan tersebut sangat bersih. Ikan dan udang pun banyak terdapat di Tangkahan. Namun, air yang dulunya bening itu kini berubah menjadi hitam dan berbau busuk.
“Dulu, KIM sempat menyahuti keluhan warga dengan melakukan pengobatan gratis untuk mengatasi penyakit gatal-gatal, disusul membangun sumur-sumur bor. Namun, belakangan program itu terhenti,” tukasnya.
Ia berharap, kerusakan lingkungan yang terjadi akibat limbah KIM tersebut dapat segera diatasi. “Kami juga berharap Dinas Lingkungan Hidup tanggap dengan persoalan ini,” katanya.
Sementara saat melakukan kunjungan reses ke Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli, anggota dewan melihat kondisi Jalan Rumah Potong Hewan yang telah rusak parah sepanjang 500 meter. Menurut warga setempat, kerusakan jalan itu sudah terjadi selama dua tahun.
Begitu juga saat berada di Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan. Rata-rata infrastruktur jalan di kecamatan ini terlihat rusak berat, seperti Jalan Cipanas yang selalu tergenang air hingga mengakibatkan tanah di sekitar jalan itu turun.
Melihat infrastruktur jalan di kawasan Medan Utara yang hancur-hancuran itu, Landen Marbun meminta Pemko Medan segera mengerjakan perbaikan jalan yang telah dianggarkan di tahun 2007 ini.
“Jangan proses hukum yang sedang dijalani beberapa pejabat Pemko, rakyat menjadi korban. Apa yang menjadi hal rakyat harus segera direalisasikan. Dananya kan sudah ada tinggal melaksanakan saja,” katanya.
Sementara Muslim Maksum meminta Dinas Lingkungan Hidup Medan menindak tegas pabrik-pabrik di kawasan KIM yang membuang limbah ke lingkungan warga, seperti menarik surat izin usaha yang tidak sesuai AMDAL. (M-28/v).

sOLISINYA HANYA SATU : SEMPROT dengan BETAFresh ,3-5 detik kemudian baunya BABLAS.........

This entry was posted on Kamis, Agustus 9th, 2007 at 08:51 and is filed under Medan Kita. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
STMIK & AMIK LOGIKA

11 komentar: